Forum ORTax

Quick Login :

Pilih Kategori Lainnya :
 

Klik New Topic untuk topik baru, Klik Post Reply untuk membalas.

Help Help

PPN dan PPnBM
Berisi semua hal yang berkaitan dengan Pajak Pertambahan Nilai, Pajak Penjualan atas Barang Mewah dan permasalahannya
Topik = 11958 , Bahasan = 93610

Pencetus Pendapat
halimsan

Junior


Location : Surabaya.
Joined : 21 May 2010.
Posts : 103.
27 Mar 2012 23:23 Help Help

Dear rekan,

saya ingin tanya tentang wapu nih..
klo kita transaksi dengan RSUD di malang, kita disuruh bikin faktur, dan SSP.

yg jadi masalah begini, kalo kita misalkan bikin faktur bulan Januari no 1, kita berikan faktur beserta SSP PPN dan PPh 22-nya kpd WAPU, nah SSP kita itu kadang dibayar oleh pihak RS di bulan februari, kadang maret T_T

nah atas faktur no 1 di bulan januari itu bagaiman yah, apabila wapu setor SSP kita bulan februari ?

saya biasanya saya laporkan nihil dulu, lalu setelah SSP saya terima di februari atau maret baru saya laporkan di masa januari..

apakah ini benar yah?

Tksh banyak

hanif

Genuine


Location : Padang Dan Semarang.
Joined : 05 Nov 2007.
Posts : 20384.
28 Mar 2012 00:42 Help Help

Originaly posted by halimsan:
saya biasanya saya laporkan nihil dulu, lalu setelah SSP saya terima di februari atau maret baru saya laporkan di masa januari..

apakah ini benar yah?

Tksh banyak

maksud dilapor nihil itu seperti apa?


Salam

begawan5060

Genuine


Location : Yogyakarta.
Joined : 06 Jan 2009.
Posts : 21842.
28 Mar 2012 01:36 Help Help

Originaly posted by halimsan:
yg jadi masalah begini, kalo kita misalkan bikin faktur bulan Januari no 1, kita berikan faktur beserta SSP PPN dan PPh 22-nya kpd WAPU, nah SSP kita itu kadang dibayar oleh pihak RS di bulan februari, kadang maret T_T

Sebagian besar memang demikian..., apakah sudah menjadi "hobby" para bendahara 'kali, ya?

Originaly posted by halimsan:
saya biasan

Kenapa harus lapor nihil dulu (asumsi tidak ada penyerahan lainnya)? Bukankah langsung dilaporkan juga bisa, karena tidak ada kurang bayarnya...(malahan lebih bayar, kalo punya PM)..

Dan setelah terima SSP, lampirkan dalam SPT PPN..
Misal, transaksi dengan bendahara Jan 2012, laporkan tanpa SSP bendahara... kemudian terima SSP pada bulan Maret. Nah, SSP ini lampirkan dalam SPT Masa Maret..

yuniffer

Genuine


Location : Cyber Space.
Joined : 14 Oct 2009.
Posts : 2774.
28 Mar 2012 07:20 Help Help

Originaly posted by begawan5060:
transaksi dengan bendahara Jan 2012, laporkan tanpa SSP bendahara... kemudian terima SSP pada bulan Maret. Nah, SSP ini lampirkan dalam SPT Masa Maret..

Rekan Begawan, seharusnya meskipun SSP diterima di bulan Maret namun tetap harus diinput dibulan Januari (dilakukan pembetulan SPT Masa PPN sehingga mengakibatkan LB). Hal ini terjadi juga pada saya, dan AR menyarankan untuk memasukkan ke masa dimana FP tersebut dilaporkan. Trik nya adalah melaporkan FP ke WAPU di SPT dengan menggunakan kode 010 (untuk FP asli yg diserahkan ke WAPU menggunakan kode faktur WAPU), kemudian setelah menerima SSP dari WAPU maka dilakukan pembetulan SPT masa PPN dengan merubah kode 010 menjadi 020.

begawan5060

Genuine


Location : Yogyakarta.
Joined : 06 Jan 2009.
Posts : 21842.
28 Mar 2012 07:27 Help Help

Originaly posted by yuniffer:
Trik nya adalah melaporkan FP ke WAPU di SPT dengan menggunakan kode 010 (untuk FP asli yg diserahkan ke WAPU menggunakan kode faktur WAPU), kemudian setelah menerima SSP dari WAPU maka dilakukan pembetulan SPT masa PPN dengan merubah kode 010 menjadi 020.

Lhoooo?
Contoh :
Asumsi tidak punya PM, bulan Jan 2012 transaksi dengan bendh = 10.000, PPN = 1.000 FP dibuat 010.
SPT PPN Jan :
PK = 1.000
PM = 0
KB = 1.000

Bukankah seharusnya FP tetap 020, SPT PPN :
PK dipungur sendiri = 0
PM = 0
KB/LB = 0

yuniffer

Genuine


Location : Cyber Space.
Joined : 14 Oct 2009.
Posts : 2774.
28 Mar 2012 07:33 Help Help

Betul seperti itu, terjadi saat saya lapor SPT dan diminta SSP dari WAPU untuk dilampirkan saat dibagian Pelayanan atau saat AR mengecek laporan SPT. Jika tidak bisa memperlihatkan SSP maka ditolak laporan SPT Masa PPN. Oleh sebab itu, maka dilakukan cara demikian hingga WAPU memberikan SSP PPN nya.

momonki

Newbie


Location : .
Joined : 13 Dec 2010.
Posts : 3.
11 Feb 2013 10:07 Help Help

Setuju, revisi di masa bersangkutan. Intinya kita disuruh talangi dulu, direpotin pembetulan lagi nantinya.
Rekan-rekan, nanya yah.. faktur pajak yang tidak dicap setor tanggal sebagai syarat dokumen dari Bendahara, apakah di lapangan itu dipermasalahkan dalam pemeriksaan?

ahmadanoval

Senior


Location : Jakarta,cijantung,bekasi.
Joined : 03 Aug 2010.
Posts : 300.
11 Feb 2013 16:08 Help Help

Originaly posted by yuniffer:
Betul seperti itu, terjadi saat saya lapor SPT dan diminta SSP dari WAPU untuk dilampirkan saat dibagian Pelayanan atau saat AR mengecek laporan SPT. Jika tidak bisa memperlihatkan SSP maka ditolak laporan SPT Masa PPN. Oleh sebab itu, maka dilakukan cara demikian hingga WAPU memberikan SSP PPN nya.


saya selama ini lapor diterima walaupun tanpa ssp pemungut.....bravo....kpp...madya....benar2...kpp. .....salam..........

priadiar4

Genuine


Location : Kawasan Seribu Ruko.
Joined : 07 Jul 2010.
Posts : 16301.
11 Feb 2013 16:54 Help Help

Originaly posted by ahmadanoval:
saya selama ini lapor diterima walaupun tanpa ssp pemungut.....bravo....kpp...madya....benar2...kpp. .....salam..........


oooh terdaftar di KPP Madya toh :D
Gede dong PTnya :D

wannabewongkpp

Genuine


Location : Jakarta.
Joined : 26 May 2009.
Posts : 2894.
11 Feb 2013 21:25 Help Help

Originaly posted by yuniffer:
Betul seperti itu, terjadi saat saya lapor SPT dan diminta SSP dari WAPU untuk dilampirkan saat dibagian Pelayanan atau saat AR mengecek laporan SPT. Jika tidak bisa memperlihatkan SSP maka ditolak laporan SPT Masa PPN. Oleh sebab itu, maka dilakukan cara demikian hingga WAPU memberikan SSP PPN nya.


aturan harus melampirkan ssp pemungut emang ada ya? lantas, klo si WAPU tdk kunjung juga memberikan SSP PPNnya, lapornya ttp nihil dong. padahal, tanpa adanya SSP kan AR bisa ngecek ke aplikasi MPN (itu sih kata AR saya, SSP itu tdk penting lagi bila sudah ada NTPN-nya).

Halaman 1 dari 1 •  1   • FirsT | PreV | NexT | LasT  •