Forum ORTax

Quick Login :

Pilih Kategori Lainnya :
 

Klik New Topic untuk topik baru, Klik Post Reply untuk membalas.

Help

PPh Badan
Berisi semua hal yang berkaitan dengan Pajak Penghasilan Badan dan permasalahannya
Topik = 9275 , Bahasan = 72461

Pencetus Pendapat
hAnz

Newbie


Location : Surabaya.
Joined : 18 Sep 2008.
Posts : 84.
23 Oct 2008 13:35

Berdasarkan PER DIRJEN No42//2008 terdapat form terbaru untuk SPT PPh 22,23 dan PPh 4 (2) menyebutkan sewa kendaraan tetap sebesar 1,5 % dari jumlah bruto

tapi.....untuk Januari 2009
sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta kecuali sewa dan penghasilan lain PPh 4(2) di UU No36 Pasal 23 (1c) sebesar 2% dari jumlah bruto
apakah itu termasuk sewa angkutan darat ???
mohon bantuannya

antona

Junior


Location : Jakarta.
Joined : 07 Oct 2008.
Posts : 146.
23 Oct 2008 17:56

rekan hanz
untuk tahun 2009 sebaiknya kita tunggu saja terbit juklaknya, saya barusan dapat peraturan terbaru tentang formulir spt pph 23, di dalammnya masih ada tarif perkiraan penghasilan bruto sebesar 15% x sekian......
di sini jadinya membingungkan, karena di uu sudah dijelaskan tarifnya 2%, so kayaknya musti tunggu juklaknya deh
salam

juni

Genuine


Location : Danau Singkarak.
Joined : 21 Jan 2008.
Posts : 1238.
23 Dec 2008 13:48

wah siapa nieh yang bisa bantu yah nunguin juklaknya, mana libur panjang
DJP gimana nieh masa musti nunggu2 menit terakhir
aku jg bingung tuh, per.42 itu kata temen berlaku sampai 31 des'08
bener ga sih?

A;ex161268

Junior


Location : Jakarta.
Joined : 11 Aug 2008.
Posts : 90.
23 Dec 2008 15:01

Dear All,

Bilamana PKP tdk melakukan pemotongan PPh Psl.23 terhadap vendor jasa yg juga PKP apa akibatnya disertai Dasar Hukumnya, Thanks

koostadi s

Genuine


Location : Jakarta.
Joined : 25 Jul 2008.
Posts : 676.
23 Dec 2008 15:29

Originaly posted by A;ex161268:
Bilamana PKP tdk melakukan pemotongan PPh Psl.23 terhadap vendor jasa yg juga PKP apa akibatnya disertai Dasar Hukumnya, Thanks

Yang jelas Bagi yg memberi penghasilan kepada pihak lain baik sudah PKP atau Belum ...hukum nya WAJIP memotong, sehingga kalau tidak memotong apabila ketahuan kwajibannya membayar berapa yg seharusnya dipotong ditambah dendanya....pendapat lain silahkan

kudewi

Newbie


Location : East Java.
Joined : 09 Oct 2009.
Posts : 7.
17 Apr 2010 12:37

Saya bergerak dibidang pengangkutan barang di darat/ trucking. Dari hasil riset saya mengenai pph pasal 23 yg terbaru pd UU Pph no 36 th 2008 yg inti nya berbunyi

"
c. sebesar 2% (dua persen) dari jumlah bruto atas:
1. sewa dan penghasilan lain sehubungan
dengan penggunaan harta, kecuali sewa dan
penghasilan lain sehubungan dengan
penggunaan harta yang telah dikenai Pajak
Penghasilan sebagaimana dimaksud dalam
Pasal 4 ayat (2); dan
2. imbalan sehubungan dengan jasa teknik, jasa
manajemen, jasa konstruksi, jasa konsultan,
dan jasa lain selain jasa yang telah dipotong
Pajak Penghasilan sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 21.

dan

(2) Ketentuan lebih lanjut mengenai jenis jasa lain
sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c angka 2
diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri
Keuangan.
"

yang kemudian atas jasa lain tersebut saya telusuri lebih lanjut dng per menkeu no 244 th 2008, tidak terdapat jasa angkutan darat dalam daftar tersebut.

sedangkan pada point c.1. mengenai sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta, yg saya telusuri lebih lanjut dng SE Dirjen Pajak no 35 th 2010 dengan kutipan sebagaimana di bawah ini:

"
2. Sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta sebagaimana dimaksud dalam butir 1 huruf a merupakan penghasilan yang diterima atau diperoleh sehubungan dengan kesepakatan untuk memberikan hak menggunakan harta selama jangka waktu tertentu baik dengan perjanjian tertulis maupun tidak tertulis sehingga harta tersebut hanya dapat digunakan oleh penerima hak selama jangka waktu yang telah disepakati
"

yang kemudian menurut kesimpulan saya jasa angkutan barang yg secara spesifik adalah mengantar barang dari satu tempat ke tempat lain tidak lah cocok dengan deskripsi tersebut di atas.

Jadi saya menyimpulkan jasa angkutan barang tidak dikenakan/ bkn objek pph ps23. Apabila rekan2 ada informasi lain, saya mohon bantuan nya.

Terima kasih

kurnia

Genuine


Location : Jakarta.
Joined : 19 May 2009.
Posts : 606.
17 Apr 2010 17:05

Originaly posted by kudewi:
adi saya menyimpulkan jasa angkutan barang tidak dikenakan/ bkn objek pph ps23

setuju.....

Nat

Junior


Location : Bekasi.
Joined : 03 Dec 2009.
Posts : 96.
17 Apr 2010 20:51

Perusahaan saya sekarang lagi diperiksa, untuk jasa angkutan barang yang
kami gunakan ini tidak pernah saya pot PPh 23 nya tapi ternyata dikoreksi
oleh pemerikasa, jadi apakah benar menurut rekan kudewi bahwa jasa angkutan
barang bukan Objek Pajak ? mungkin ada masukan dari rekan2 yang lain
trims

hanif

Genuine


Location : Padang Dan Semarang.
Joined : 05 Nov 2007.
Posts : 20392.
17 Apr 2010 23:27

rekan nat...
Jasa angkutan barang yang dilaksanakan oleh perusahaan anda seperti apa kronologisnya??
Trus maksud dikoreksi pemeriksa disini apa?


Salam

harry_logic

Genuine


Location : Puri Hijau - Purwokerto.
Joined : 18 Sep 2008.
Posts : 1360.
18 Apr 2010 00:50

Originaly posted by Nat:
jadi apakah benar menurut rekan kudewi bahwa jasa angkutan
barang bukan Objek Pajak ?

Barangkali adalah ini yg dimaksud :
Originaly posted by kudewi:
2. Sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta sebagaimana dimaksud dalam butir 1 huruf a merupakan penghasilan yang diterima atau diperoleh sehubungan dengan kesepakatan untuk memberikan hak menggunakan harta selama jangka waktu tertentu baik dengan perjanjian tertulis maupun tidak tertulis sehingga harta tersebut hanya dapat digunakan oleh penerima hak selama jangka waktu yang telah disepakati"


Jika kita baca lebih lambat pengertian dari angka 2 SE tsb, maka semua hubungan ekonomi dlm hal pengangkutan barang antara pihak pemberi jasa angkutan dgn penerima jasa adalah tidak bisa lepas tatanan kata² di angka 2 di atas.

-----------------------------

Halaman 1 dari 3 •  1  2  3   • FirsT | PreV | NexT | LasT  •